Thursday 27 October 2011

Situasi DBSK, Fakta, dan Pemutar balikan fakta


Masa depan idol group TVXQ masih belum pasti.Masalah 3 Member DBSK (Jaejoong, Yoochun, and Junsu) dan SM terlalu dalam. Walaupun mereka mengatakan tidak akan bubar, kenyataannya, bubarnya DBSK sangat mungkin terjadi. Kalaupun mereka dapat menghindari skenario yang paling buruk,pembubaran, tampaknya keluar dari SM amat sangat mungkin terjadi.
Pada tanggal 3 Agustus, seorang yg kenal dengan ketiga member mengatakan”Penyelesaian dengan SM telah dicoba berkali-kali. Tapi perbedaan mereka tidah dapat diselesaikan. Alasan kenapa masalah ini sampai ke pengadilan adalah mereka tidak dapat menemukan titik penyelesaian.” Karena itu mereka menyimpulkan bahwa usaha untuk bernegosiasi adalah sia-sia.
Kenalan yang ditemui wartawan ini adalah seseorang yangmengamati DBSK dengan sangat dekat. Dia telah mengalami banyak pengalaman ups ataupun downs dari debut sampai sekarang. Menurutna, DBSK hanya bersikeras untuk satu hal. Mereka menginginkan beberapa condition dalam kontrak mereka dihapus. Namun, ini telah sampai pada tahap perundingan kedua pihak tidak menghasilkan apa-apa.
Dia berkata “Mereka meminta pasal dalam kontrak dan distribusi pendapatan mereka untuk ditinjau kembali karena semua orang tahu bahwa itu (isi kontrak) tidak logis. Mereka berusaha untuk bernegosiasi sampai akhir tetapi mereka merasa SM menghindari mereka. Karena itu, hal ini menjadi sangat emosional terhadap kedua pihak dan ketiga member menjadi lebih marah dengan respon yang diberikan SM”
‘Fakta 3 hal yang diputar balikkan SM’
Setelah pemberitaan mengenai masalah ini, SM mengirim dokumen pada tanggal 1 dan 3 Agustus. Pada tanggal 1 Agustus, mereka memberitakan bahwa masalah ini muncul karena perusahaan kosmetik yang diinvest oleh ketiga member dan mereka akan berusaha menyelesaikan masalah ini. Setelah masalah tentan kontrak diberitakan, mereka merespon bahwa member DBSK dibayar 11 Milyar Won dan diberi mobil bermerk luar negeri sebagai hadiah.
Mengenai masalah ini, dia (kenalan DBSK) menyatakan “Penyebab masalah ini adalah kontrak yang tidak adil bukan perusahaan kosmetik. Namun, SM tidak menyinggung tentang masalah kontrak dan selalu menggunakan perusahaan kosmetik sebagai masalah untuk menghadapi media.”
Dia menambahkan tentan 11 Milyar Won “Anggap saja SM benar dan mereka (DBSK) benar dibayar 11 milyar won selama 6 tahun mereka bekerja. Ini keuntungan sebelum pajak. Setelah mereka membayar pajak, dan jumlah ini dibagi 6 tahun, dan dibagi kepada 5 member, ini kurang dari 200 juta Won untuk setiap member. Untuk setengah tahun pertama tahun ini, hasil penjualan album di Jepang adalah 2.5 Milyar Yen (33 Milyar Won). Namun, DBSK menerima kurang dari 200 Juta Won pertahun.
Jumlah album yang dirilis di Korea maupun di luar Korea adalah 48 album. 1.96 Kopi terjual di Korea, termasuk single dan full album. Di Jepang, untuk 4 Album dan 27 Single, 8 dari itu terjual lebih dari 100,000 kopi, dan satu terjual lebih dari 250,000 kopi. Termasuk asia-tenggara, kurang lebih 4 juta album sudah terjual.
Dia lalu mengkritik mode penghirungan yang ridah normal. Menurutnya “SM meminta uang untuk penari latar dan makanan. Pada dasarnya, semua pengeluaran dibayar oleh DBSK. Disamping itu, SM membuat cabang lokal dan memisahkan pendapatan DBSK menjadi bagian-bagian.Contohnya SM Jepang dan AVEX berbagi pendapatan, pendapatan ini juga dibagi dengan SM Korea.Dengan pembagian yang komplex, uang yang didapat member berkurang.”
Dia juga menambahkan bahwa mobil luar negeri yang diberikan pada mereka dibawah nama perusahaan (mobilnya bukan menggunakan nama TVXQ ataupun Member melainkan nama perusahaan). ” Mereka mendapat mobil dari SM setelah sebuah acara pemberian penghargaan. Namun, mobil tersebut diregister dengan nama SM dan bukan dimiliki oleh DBSK.”
“Ketiga member merasa sangat capek”
Menurut kenalan DBSK ini, ketiga member sangat capek dengan permainan pers SM. Mereka tidak bertujuan menyelesaikan masalah ini hanya dengan kata-kata, dan sangat marah bahwa SM melebih-lebihkan hanya satu sisi masalah, dan memutar balikkan kenyataan. ” Mereka sudah menduga bahwa SM akan memutar kata-kata mereka ke Pers tetapi tidak menduga sampai tahap seperti ini (pemutar balikkan kata2 SM). Jika SM meneruskan method ini, saya rasa sudah hampir tahap tidak mungkin untuk mereka bekerja bersama SM lagi. Saya rasa mereka akan keluar dari SM dan mencoba jalan keluar lain untuk menyelesaikan masalah ini.”
Keluarnya mereka dari SM tidak berarti bubarnya DBSK. Dia menegaskan bahwa tidak ada masalah dalam hubungan para member. Mereka tetap seperti keluarga dan setuju bahwa dalam situasi apapun, mereka harus bekerja bersama. ” Sebenarnya, 5 member mempunyai maksud yang sama. Tetapi dalam proses negosiasi, terjadi perbedaan antara para member. Karena itu, cuma 3 member yang memutuskan melawan perusahaan. Mereka semua sependapat bahwa kondisi dalam kontrak itu tidak logis, hanya cara mereka menghadapi masalah yang berbeda.”
“DBSK akan terus ada bahkan setelah keluar dari SM”
Keinginan Micky YooChun, Xiah Junsu, Youngwoong Jaejoong sudah sangat kuat. Kenalan DBSK itu mengatakan “Ketiga member menunjukkan keinginan yang lebih kuat dari sebelum debut. Ketiga member memutuskan tetap bersama-sama apapun kesusahan yang mereka hadapi.”
Mereka juga memutuskan kembali bersama dengan 5 member dibawah nama DBSK. “Bahkan jika ketiga member meninggalkan SM karena Lawsuit, ini hanya berarti meninggalkan SM. Ini tidak berarti bubarnya DBSK. Mungkin saja kedua (Changmin dan Yunho) juga meninggalkan SM atau mereka tampil dari 2 perusahaan yang berbeda, kelima-limanya mau terus bersama sebagai DBSK.”
Kalau ketiga member meninggalkan SM, dapatkah mereka terus menggunakan nama DBSK? Setelah meresearch Industrial Property Office, nama group ‘DBSK’ tidak terdaftar. SM mendaftar nama DBSK pada tahun 2004 tapi ditolak. Dengan kata lain, SM tidak memiliki hak untuk nama ‘DBSK’.
Menurut pengacara Hwang Sung Pil dari ‘Mansung’ Patent Law Firm Office’, “Dong Bang berarti timur, dan seorang tidak dapat memiliki hak ekslusive untuk menggunakan ini. Kemungkinan besar, ini merupakan alasan kenapa surat permintaan (pemakain nama DBSK) ditolak pada tahun 2004. SM tidak dapat mengklaim hak milik atas nama itu. Jika kelima member bersama-sama bahkan setelah keluar dari SM, mereka tidak akan mendapat masalah menggunakan nama itu.”
Lebih dari itu semua, DBSK merasa sangat menyesal kepada para fans. Karena itu mereka tetap ingin performance yang sudah dischedule. ” Jika mereka kalah dalam perkara ini, mereka mungkin harus membayar jumlah yang sangat besar sebagai penalti. Lebih dari itu, mereka menghadapi waktu yang sulit karena mereka harus jauh dari fans mereka (tidak dapat bertemu fans) selama perkara ini diproses.”

No comments:

Post a Comment